Monday 20 April 2015

Wisata Danau Baruh



Danau Baruh
 Terletak di Desa Baruh Bahinu Dalam Kecamatan Paringin Selatan, kurang dari 10 km dari ibukota balangan. Keindahan Danau yang terhampar luas ditambah dengan suasana alam hutan di sekitarnya memberikan rasa tenang bagi wisatawan yang mengunjunginya.


Wisatawan bisa juga menikmati keindahan danau dengan menggunakan sepeda air dan rakit atau jukung. Pementah Kabupaten Balangan terus berupaya melakukan pembangunan di sektor pariwisata dengan menengembangkan  potensi alam yang bisa dinikmati setiap masyarakat, khususnya masyarakat luar yang datang dan menginjakkan kaki ke Bumi Sanggam. Melalui   Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporaparbud) Kabupaten Balangan, Pemerintah Daerah memprogramkan pengembangan kawasan dan obyek wisata daerah. Salah satunya adalah Danau Baruh Bahinu Dalam di Kecamatan Paringin Selatan, yang sudah dijalankan sejak tahun 2012 lalu.

Kepala Dinas Poraparbud Kabupaten Balangan, Yuliansyah,  mengatakan rencana pengembangan objek wisata Danau Baruh Bahinu Dalam ini dilaksanakan mengingat hingga saat ini Balangan belum memiliki kawasan atau objek wisata, sehingga sangat perlu diprogramkan pembangunan dan pengembangannya. Pengembangan Danau Baruh Bahinu Dalam sebagai obyek wisata berdasarkan beberapa pertimbangan , salah satu pertimbangannya yaitu  daerah tersebut sudah dikenal baik oleh masyarakat Balangan maupun masyarakat luar, dan dalam letaknya juga relatif dekat dengan pusat Kota Paringin, yaitu sekitar 9 km.
Menurutnya, Dibanua enam belum ada objek wisata alam berupa danau, sehingga Danau Baruh Bahinu Dalam akan jadi kawasan pariwisata alternatif yang menarik bagi masyarakat Kalsel. Pelaksanaan program pengembangan Baruh Bahinu Dalam sebagai kawasan wisata akan dimulai dengan pengerjaan pembersihan danau , yang selanjutnya akan dihubungkan tiga jembatan gantung yang saat ini telah ada, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan kawasan Danau Baruh Bahinu Dalam dari atas jembatan.
Lebih lanjut lagi untuk menambah daya tarik pengunjung, kata yuli, akan dibangun kawasan pemancingan, yang sebelumnya sudah ada tambak ikan yang dikembangkan didanau ini. Ditambahkannya, untuk menghidupkan suasana dan menarik animo pengunjung, secara berkala akan digelar event dan kegiatan hiburan.
Sementara ini kawasan Danau Baruh Bahinu Dalam ini sempat dimanfaatkan sebagai arena latihan dan lomba olah raga dayung guna mempersiapkan atlit dayung dalam menghadapi perlombaan-perlombaan dayung.


Sumber : http://putriagustinabalangan.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

BAPALA

PENDAKIAN BUKAN HANYA MENCARI KESENANGAN MELAINKAN MENGAJARKAN ARTI KEBERSAMAAN ,KESETIAKAWANAN dan PENDAKIAN PENUH DENGAN RINTANGAN,TANTANGAN DAN DIBUTUHKAN PERJUANGAN,KEBERSAMAAN SERTA KEBERANIAN UNTUK MENCAPAI PUNCAK KEJAYAANNYA... MY LIFE MY ADVENTURE...